Company Name: PT Golden Land Gemilang
Location: Jakarta Pusat
Posted Date: 04/10/2024 08:24
Salary:
Job Description
Tanggung Jawab Utama:
- Membuat rencana kerja tahunan dan anggaran HRD, termasuk pelaksanaan rencana strategis departemen dan perusahaan.
- Mengambil langkah strategis untuk menjaga tingkat turnover karyawan.
- Melakukan review terhadap struktur organisasi perusahaan sesuai dengan kebutuhan operasional.
- Memastikan laporan compensation & benefit (payroll, BPJS, PPh 21) yang akurat setiap bulan.
- Menciptakan hubungan industrial yang harmonis dengan memelihara hubungan baik dengan karyawan internal dan dinas ketenagakerjaan di masing-masing wilayah operasional perusahaan.
- Menganalisis kebutuhan pelatihan karyawan melalui Training Need Analysis (TNA).
- Berkoordinasi dengan CPO terkait regulasi ketenagakerjaan terbaru (PP, Permen, Perda).
- Mengelola proyek sistem SANDMERIT untuk proses penilaian KPI karyawan, dengan cara berkoordinasi dengan Kepala Departemen Operasional dan Kepala Departemen Supporting untuk memperbarui pencapaian target karyawan dalam sistem KPI.
- Memastikan perhitungan PPh 21 karyawan dengan konsultan pajak perusahaan.
- Membuat dan merekap data serta mempresentasikan HR Budget kepada Tim Costing untuk diproses lebih lanjut.
- Memantau perizinan ekspatriat.
- Membuat presentasi HR bulanan.
- Melakukan analisis TNA dan mengarahkan kepada staf.
- Menghadiri mediasi dengan Disnakertrans untuk kasus hubungan industrial tertentu.
- Melaksanakan PHK sesuai regulasi yang berlaku, termasuk PHK pensiun, PHK karyawan meninggal dunia, PHK karena kesalahan mendesak, PHK karena alasan medis, dan PHK sepihak karena ketidakhadiran selama 5 hari berturut-turut (sesuai UU).
- Memperbarui Peraturan Perusahaan berdasarkan regulasi ketenagakerjaan terbaru, didiskusikan bersama CPO, dan disosialisasikan kepada perwakilan karyawan.
- Melakukan pembaruan struktur organisasi perusahaan sesuai dengan anggaran operasional tenaga kerja.
- Mengevaluasi deskripsi pekerjaan staf sesuai perkembangan struktur organisasi.
- Menjaga hubungan baik dengan serikat pekerja.
- Melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan atasan, selama tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan norma yang berlaku.
Kualifikasi:
Pendidikan dan Pengalaman:
- Pendidikan minimal S1 di bidang Pertanian, Perkebunan, atau Manajemen.
- Pengalaman minimal 5 tahun di posisi yang sama, khususnya di bidang perkebunan kelapa sawit.
- Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
- Memiliki sertifikasi BNSP SDM.
Keahlian Khusus:
- Menguasai teknik mediasi dengan sertifikasi mediator.
- Memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam menghadapi permasalahan operasional perkebunan.
- Memiliki sertifikasi Certified Industrial Relation Practitioner (CIRP).