Finance Accounting Tax Manager

Company Name: CV. Lancar Jaya Food

Location: Boyolali

Posted Date: 01/10/2024 17:09

Salary:

Job Description

  • Tanggung Jawab
  • Laporan Keuangan
  • Memastikan format penyajian Laporan Keuangan telah sesuai dengan PSAK dan diterapkan dengan benar sesuai dengan Core Business dan Business Process Management yang diterapkan oleh perusahaan
  • Memastikan Laporan Keuangan dapat disajikan sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan
  • Memastikan jajaran manajemen dengan mudah dapat membaca dan memahami isi dari Laporan Keuangan
  • Memastikan kelengkapan COA dan pengkategoriannya sesuai dengan kebutuhan untuk mempertajam analisa Top Management
  • Memberikan analisa atas Laporan Keuangan yang tajam sesuai dengan core business dan business process management yang diterapkan oleh perusahaan
  • 2. Akuntansi
  • Menerapkan metode akuntansi yang tepat terkait pencatatan dan pembukuan untuk menghasilkan analisa yang tajam dan diperlukan
  • Menganalisa kekurangan dan memberikan rekomendasi untuk mengembangkan software akuntansi agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Membangun dan mengembangkan sistem dan prosedur agar mampu meminimalisir potensi terjadinya fraud
  • Membangun dan mengembangkan form kerja yang sesuai untuk melakukan pengendalian
  • Memastikan integrasi dan distribusi sistem informasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan

Memastikan proses perhitungan fisik aset (opname) telah terpenuhi:

Prosedur (lengkap dan jelas), Peralatan dan Perlengkapannya (lengkap tersedia), Penetapan PIC (terstruktur dan tepat), Obyek (lengkap)

  • Membantu memberikan analisa dalam penggunaan Working Capital Management yang efektif dan efisien
  • Memahami proses kerja dengan sistem Bill Of Material (BOM) dan Job Costing
  • 3. Keuangan
  • Memastikan sistem dan prosedur penerimaan telah ter-skema dan terstruktur dengan baik dan terkendali
  • Membangun konsep yang efektif dan efisien untuk struktur Kas dan Bank sesuai dengan Business Process Management
  • Membangun prosedur kontrol pengeluaran yang tepat dan kuat
  • Mengembangkan Cash Management System yang sesuai sebagai bagian dari Continuous Improvement
  • Memastikan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban keuangan
  • Mengatur dan mengelola ketersediaan dana untuk menjaga dan meningkatkan rasio keuangan yang sehat
  • Menjalankan sistem anggaran yang tepat untuk pengelolaan keuangan
  • Memastikan laporan Cash Flow untuk tersedia beserta analisanya
  • 4. Piutang
  • Mengembangkan metode monitoring dan evaluasi yang tepat serta kuat agar efektif dalam meminimalisir potensi fraud
  • Mengendalikan dan mengembangkan prosedur opname terkait bukti penjualan kredit yang masih belum lunas

Menetapkan syarat ketentuan untuk outlet dengan kategori:

NOO, RO, AO atau R-AO

  • Mengembangkan sistem prosedur pemberian Limit Kredit kepada customer (outlet) sesuai dengan Distribution Channel yang ditetapkan perusahaan
  • Membuat, mengembangkan, dan memberikan analisa atas piutang kepada Top Management
  • Membuat dan mengelola sistem prosedur alignment dengan divisi lain yang terkait dalam penanganan Piutang Macet (Bad Debt)
  • Mengembangkan prosedur antisipasi yang dapat meminimalisir terjadinya Fraud dan Bad Debt atas transaksi penjualan kredit sejak awal
  • Mengembangkan sistem prosedur Collection (penagihan) yang efektif dan efisien
  • 5. Perpajakan

Mengoptimalkan tax planning dengan benar sesuai kebijakan perusahaan (including:

Tax Savings & Tax Deduction)

  • Memastikan kepatuhan perpajakan perusahaan terpenuhi sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku
  • Memastikan semua peralatan dan perangkat untuk pelaksanaan kepatuhan perpajakan tersedia
  • Mengembangkan sistem integrasi untuk dapat memonitor dan melaksanakan Tax Compliance (meminimalisir bottleneck dalam pelaksanaan Tax Regulation)
  • 6. Pembelian dan Pengadaan
  • Memastikan dan mengembangkan forecasting dan proyeksi untuk mendukung perencanaan keuangan dan Operational Excellence
  • Melakukan negosiasi yang tepat kepada supplier dan vendor
  • Melakukan explore untuk mendapatkan bahan baku substitusi yang dapat menghemat biaya penggunaan bahan baku dan bahan kemas
  • Memastikan sistem prosedur telah memenuhi Sistem Pengendalian Internal yang baik
  • Memastikan supplier dan vendor dengan sistem kontrak telah dilengkapi dengan agreement yang telah sesuai standar
  • Memastikan pembelian bahan baku dan bahan kemas memperoleh MOQ yang paling minim sehingga mendukung penggunaan modal kerja yang efisien
  • Memberikan masukan qty pembelian dan pengadaan yang paling optimal untuk meningkatkan keuntungan perusahaan (termasuk didalamnya adalah mengantisipasi tidak terjadinya lost supply)
  • Menganalisa keseimbangan dengan ketersediaan kapasitas gudang
  • 7. Lain-lain (Advance)
  • Mampu membuat dan mengembangkan Business Plan tahunan
  • Mampu menerapkan sistem Rolling Forecast dengan benar

Mampu mengembangkan dan menerapkan metode Cost Accounting (khususnya:

Activity Based Costing)

  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memimpin tim dengan metode kolaborasi dan integrasi yang seimbang
  • Mampu membawa tim untuk dapat melakukan pengendalian terkait aktivitas Sales, Distribusi, dan Marketing
  • Mampu mengembangkan tata kelola yang tepat khususnya dalam kebijakan Keuangan dan Perpajakan (Governance & Compliance)
  • Melakukan penilaian kinerja tim secara berkala dan valid (assessment)
  • Mengembangkan KPI atau OKR bagi divisi FAT
  • Menerapkan prinsip Matching Principle Concept dengan benar
  • Memastikan penerapan Hukum Tata Dagang dengan benar antara Principal dan Distributor
  • Memberikan rekomendasi terkait perbaikan kebijakan yang terkait dengan Keuangan
  • Mengembangkan dan memastikan Finance Dashboard baik bagi Head Office dan Branch Office tersedia
  • Persyaratan Kualifikasi
  • Diutamakan untuk gelar sarjana (S1) atau magister (S2) merupakan nilai lebih dalam bidang yang sesuai dengan minimal pengalaman selama 4 tahun sebagai FAT Manager
  • Untuk gelar D3 (diploma akuntansi) diperbolehkan untuk melamar dengan minimal pengalaman 8 tahun sebagai FAT Manager
  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun bekerja pada perusahaan Manufaktur dan Distributor (tidak berlaku untuk salah satu saja)
  • Memiliki kompetensi yang lengkap meliputi Knowledge, Skill, dan Attitude yang sesuai untuk memenuhi tanggung jawab yang telah dipaparkan
  • Memiliki kemampuan yang tinggi dalam hal analisa, pengolahan data, negosiasi, dan kolaborasi
  • Diutamakan berdomisili di Jawa Tengah/DIY (diprioritaskan Boyolali dan sekitarnya)
  • Dapat bergabung dalam waktu tidak terlalu lama
  • Bersedia mengikuti semua proses rekrutmen yang ditetapkan (termasuk background checking dan medical check up)
  • Mampu menunjukkan kemampuannya baik secara individu maupun secara tim
  • Memiliki sertifikat Brevet Pajak A & B (harus) serta sertifikat pendukung lainnya akan menjadi nilai tambah

Apply Here

0 Shares:
You May Also Like

PT Swastisiddhi Amagra

Staff Pajak

Rp 3,700,000 – Rp 5,000,000 per month
Medan
14/10/2024 10:12